aneka tempe goreng renyah gurihFoto: Instagram

Jakarta -

Terlihat gampang namun nyatanya banyak orang belum dapat menggoreng tempe yang renyah gurih. Coba ikuti beberapa kiat cara menggoreng tempa berikut ini.

Tempe sekarang semakin naik pamornya seiring dengan populernya pola hidup vegan. Karena tempe ialah sumber protein nabati paling baik yang kaya akan vitamin dan mineral.

Dari dahulu tempe dipahami selaku masakan rakyat alasannya murah dan bernutrisi. Olahan tempe yang terkenal yaitu tempe goreng bawang dan tempe goreng tepung. Rasanya gurih renyah!

Menggoreng tempe memang mudah. Tetapi yang penting diamati yaitu bumbu dan teknik menggorengnya. Agar balasannya tempe goreng garing renyah dan gurih rasanya.

Beberapa hal ini yang berhubungan dengan cara menggoreng tempe perlu diamati biar balasannya maksimal.

1. Pilih tempe yang segar dan padat

Di pasar dijual tempe kemasan plastik dan tempe kemasan daun. Ada yang berupa potongan balok besar, silinder atau sisi empat panjang. Tempe mungil berbungkus daun berupa sisi tiga atau sisi panjang kecil juga ada.

Di pagi hari umumnya tempe dijual dalam keadaan belum mengalami fermentasi penuh. Jaringan jamur belum rapat menutupi butiran kacang kedelai. Jika ditekan sedikit empuk, tidak padat.

Jika akan secepatnya dimakan, pilih tempe yang telah sarat fermentasinya dan apabila diiris jaringan jamur dan kedelainya rapat. Tetapi apabila ingin diolah sore atau hari selanjutnya pilih yang masih belum final fermentasinya. Di rumah dapat diletakkan dalam suhu ruangan biar jadi padat.


2. Iris dengan ketebalan yang sama

kacang kedelai dan tempeCara menggoreng tempe. Foto: Istock


Sebelum dibumbui dan digoreng, potong-potong tempe berbentuk balok dengan ukuran yang cocok selera. Sebaiknya tebalnya optimal 1/2 cm biar dapat kering dan renyah.

Untuk tempe berbungkus daun, dapat dikerat-kerat menyilang permukaannya sebelum dibumbui. Keratan ini akan menghasilkan bumbu dapat meresap sampai ke pecahan dalam kedelai.

3. Bumbu dan adonan


Untuk tempe goreng biasa dapat disiapkan bumbu berupa bawang putih dan garam yang dihaluskan. Bisa juga disertakan ketumbar dan kunyit yang dihaluskan. Campur bumbu halus dengan sedikit air.

Selanjutnya rendam atau olesi irisan tempe dengan bumbu sampai rata. Diamkan selama 15 menit biar meresap kemudian tiriskan sampai agak kering.

Jika memakai gabungan tepung, dapat disiapkan gabungan dari tepung beras, tepung terigu, bawang putih, ketumbar, garam dan air. Jumlah dosis tepung diadaptasi dengan jumlah tempe.

Untuk tepung gunakan perbandingan, 75% tepung terigu multi fungsi dan 25% tepung beras. Kalau mau gampang gunakan tepung bumbu siap pakai khusus buat tempe goreng. Ada yang berbumbu kunyit dan ada yang polos.

4. Goreng dalam minyak banyak

Resep tempe gorengCara menggoreng tempe. Foto: dok. detikFood


Jangan pelit memakai minyak goreng. Karena menggoreng atau deep frying ialah teknik mengolah masakan dengan banyak minyak sampai materi masakan terendam atau 'berenang' dalam minyak.

Gunakan minyak higienis yang banyak. Bisa dituangkan dalam wajan atau panci pendek yang lebar. Masukkan tempe berbumbu di saat minyak telah panas benad dan goreng sampai tempe kering kemudian tiriskan.

Untuk tempe berbalut adonan, semestinya celupkan irisan tempe dalan gabungan satu per satu di saat akan digoreng. Jangan dibiarkan terendam dalam gabungan alasannya tempe akan lebih banyak menyerap air dan lebih usang kering.

5. Goreng dalam minyak garam

Untuk cara praktis, apabila tidak ingin repot membumbui atau menghasilkan adonan, dapat dipakai cara yang lebih praktis. Caranya mudah, panaskan minyak banyak dalam wajan.

Saat minyak mulai panas, tambahkan 2-3 sendok makan garam, sesuaikan jumlah garam dengan minyak. Aduk-aduk sampai garam larut dalam minyak dan sedikit berasap.

Masukkan potongan tempe tanpa bumbu, goreng sampai kuning keemasan dan kering permukaan dan sisinya. Rasa tempe lebih gurih dan garing. Hanya saja cara ini lebih boros minyak goreng.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama