Teh jahe bawang putihFoto: iStock/10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Tidak Sulit Didapat

Jakarta -

Penyakit jantung yaitu salah satu penyebab utama maut di dunia. Memiliki kadar kolesterol tinggi, khususnya LDL atau low density lipoprotein yang sering disebut juga selaku lemak jahat dikaitkan dengan kenaikan risiko penyakit jantung.

Kolesterol jahat sanggup membentuk lapisan plak di dinding arteri yang menyusahkan ajaran darah. Sementara HDL atau high density lipoprotein digolongkan selaku kolesterol baik dan penting untuk kelangsungan fungsi tubuh.

Risiko penyakit jantung juga sanggup meningkat kalau kadar HDL rendah ditambah dengan trigliserida yang tinggi.

Seperti dikenali pembatasan makanan memiliki pengaruh yang berpengaruh pada kolesterol. Karena itu jadwal ini juga pasti punya kaitan dengan aspek risiko penyakit jantung.


Berikut 13 kuliner untuk menurunkan kolesterol dan memperbaiki aspek risiko penyakit jantung yang lain menyerupai dikutip dari Healthline:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak serat, mineral dan protein. Mengganti beberapa biji-bijian olahan dan daging olahan dalam kuliner Anda dengan kacang-kacangan sanggup menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan menyerupai almond dan kenari sungguh tinggi lemak tak bosan tunggal. Kacang kenari juga kaya akan varietas tumbuhan asam lemak omega-3, sejenis lemak tak bosan ganda yang terkait dengan kesehatan jantung.

Almond dan kacang-kacangan yang lain sungguh kaya akan L-arginine, asam amino yang menolong tubuh Anda menciptakan oksida nitrat. Hal ini menolong mengendalikan tekanan darah.

Terlebih lagi, kacang-kacangan berbincang fitosterol. Senyawa tumbuhan ini secara struktural menyerupai dengan kolesterol dan menolong menurunkan kolesterol dengan membatasi penyerapannya di usus Anda.

Kalsium, magnesium dan potasium, juga didapatkan dalam kacang-kacangan, sanggup menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam analisis kepada 25 penelitian, makan 2-3 takaran kacang-kacangan per hari menurunkan kolesterol LDL 'jahat' rata-rata 10,2 mg / dl.

Makan kacang-kacangan saban hari dikaitkan dengan risiko 28% lebih rendah dari penyakit jantung fatal dan nonfatal.


2. Alpukat

Alpukat yaitu buah yang sungguh padat nutrisi. Buah itu kaya akan lemak tak bosan tunggal dan serat - dua nutrisi yang menolong menurunkan LDL 'jahat' dan mengembangkan kolesterol HDL 'baik'.

Studi klinis mendukung imbas penurun kolesterol dari alpukat. Dalam suatu penelitian, orang cukup umur yang keistimewaan berat tubuh dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu buah alpukat saban hari menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak ketimbang mereka yang tidak makan alpukat.

Analisis dari 10 observasi menyeleksi bahwa mengubah alpukat dengan lemak lain sanggup menurunkan kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

Cara mengonsumsi alpukat yaitu sanggup dikonsumsi eksklusif atau dijus.

3. Ikan

Ikan menyerupai salmon dan mackerel, yaitu sumber asam lemak omega-3 rantai panjang yang sungguh baik.

Omega-3 mengembangkan kesehatan jantung dengan mengembangkan kolesterol HDL "baik" dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Dalam suatu studi pada orang dewasa, mereka yang makan tuna atau ikan panggang atau panggang yang lain setidaknya sekali sepekan memiliki risiko stroke 27% lebih rendah.

Ingatlah bahwa cara paling sehat untuk mengolah masakan ikan yaitu dengan mengukus atau merebus. Faktanya, ikan goreng sanggup mengembangkan risiko penyakit jantung dan stroke.


4. Biji-bijian

Biji-bijian menyerupai oat dan barley sanggup menurunkan risiko penyakit jantung.

Oat mengandung beta-glukan, sejenis serat larut yang menolong menurunkan kolesterol. Makan gandum sanggup menurunkan kolesterol total sebesar 5% dan kolesterol LDL "jahat" sebesar 7%.

Barley juga kaya beta-glukan dan sanggup menolong menurunkan kolesterol LDL "jahat".

5. Cokelat Hitam dan Kakao

Cokelat Hitam sanggup menurunkan kolesterol LDL "jahat".

Cokelat hitam juga melindungi kolesterol LDL "jahat" dalam darah Anda dari oksidasi, yang ialah penyebab utama penyakit jantung.

Namun, cokelat acap kali mengandung banyak gula - yang memiliki pengaruh negatif pada kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, semestinya gunakan cokelat saja atau pilih cokelat hitam dengan kandungan kakao 75-85% atau lebih tinggi.

6. Bawang putih

Bawang putih sudah digunakan selama berabad-abad selaku materi masakan dan obat. Sebab mengandung banyak sekali senyawa tumbuhan yang kuat, tergolong allicin, senyawa aktif utama.

Studi bahwa bawang putih menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi dan sanggup menolong menurunkan total dan kolesterol LDL "jahat".


7. Kedelai

Kedelai yaitu sejenis kacang-kacangan yang mungkin berfaedah untuk kesehatan jantung.

Meskipun hasil studi tidak konsisten, observasi modern menampilkan hasil yang positif.

Sebuah analisis dari 35 studi mengaitkan kuliner kedelai dengan penghematan LDL "jahat" dan kolesterol total, serta kenaikan kolesterol HDL "baik".

Efek mengonsumsi kedelai, paling berpengaruh pada orang dengan kolesterol tinggi.


8. Sayuran

Sayuran kaya serat dan antioksidan serta rendah kalori, yang diperlukan untuk mempertahankan berat tubuh yang sehat.

Beberapa sayuran sungguh tinggi pektin, serat larut penurun kolesterol yang serupa yang terjadi pada apel dan jeruk.

Sayuran kaya pektin juga tergolong terong, wortel, dan kentang.

Sayuran juga menciptakan banyak sekali senyawa tumbuhan yang berbincang banyak faedah kesehatan, tergolong pemberian kepada penyakit jantung.

Sayuran berdaun hijau gelap juga sungguh bermanfaat. Sayuran itu contohnya kangkung dan bayam serta mengandung lutein dan karotenoid lainnya, yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Karotenoid bertindak selaku antioksidan untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang sanggup menyebabkan pengerasan arteri.

Sayuran berdaun gelap juga sanggup menolong menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat asam empedu dan menciptakan tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol.

Satu studi menampilkan bahwa lutein menurunkan kadar kolesterol LDL "jahat" yang teroksidasi dan sanggup menolong menghalangi kolesterol mengikat dinding arteri.


9. Teh

Teh diandalkan sanggup menurunkan kolesterol. Contoh teh yang sanggup dikonsumsi yaitu teh hijau, teh hitam dan teh putih.

Dua dari senyawa berfaedah utama dalam teh adalah:

Katekin yang sanggup menolong mengaktifkan oksida nitrat, yang penting untuk tekanan darah yang sehat. Mereka juga menghalangi sintesis dan absorpsi kolesterol serta menolong menghalangi penggumpalan darah.

Quercetin, sanggup mengembangkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan peradangan.

Meskipun sebagian besar observasi mengasosiasikan teh dengan total rendah dan kolesterol LDL "buruk", observasi bercampur wacana efeknya pada kolesterol HDL "baik" dan tekanan darah.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan sumber asam lemak tak bosan tunggal, jenis yang sanggup menolong mengembangkan HDL "baik" dan menurunkan kolesterol LDL "buruk".

Minyak zaitun juga ialah sumber polifenol, beberapa di antaranya meminimalisir peradangan yang sanggup mendorong penyakit jantung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama